Artikel

Cara Memasang Wallpaper Tembok Sendiri dengan Mudah

Wallpaper merupakan hiasan yang terbuat dari kertas dinding dengan berbagai ragam motif dan warna. Saat ini penggunaan wallpaper banyak digunakan oleh banyak orang, yang tujuannya untuk merubah suasana di ruangan ketika rumah sedang direnovasi. Pengerjaannya yang cepat dan tak memakan waktu, membuat penggunaan wallpaper ini makin digemari para pemilik hunian untuk mempercantik rumahnya. Anda ingin memasang wallpaper sendiri tentu juga bisa dilakukan. Dengan menggunakan wallpaper ini sekaligus sebagai media untuk menguji kreativitas anda. Dinding rumah anda akan nampak berbeda karena memiliki focal point, jika anda memasangnya dengan tepat. Untuk memasang wallpaper sendiri tentu anda bisa lakukan dengan mudah jika mengikuti hal-hal berikut di bawah ini.

Pertama siapkan peralatan-peralatannya. Peralatan yang diperlukan adalah alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris, serta meteran. Kemudian tidak lupa benang beserta pemberatnya, lem wallpaper, bak untuk menaruh adukan lem, spons, kuas lem, roller, amplas, serta kape untuk membuat dinding menjadi rata. Selanjutnya, anda buat lem yang gunanya untuk menempelkan wallpaper di dinding. Campur lem dengan air, kemudian buat di dua bak terpisah.

Baca juga: Harga Lantai Kayu Murah

Pertama untuk bagian sambungan dan kedua untuk mengelem secara keseluruhan. Untuk lem di bagian sambungan dibuat lebih kental, agar daya rekatnya lebih tinggi. Ukurlah panjang dan lebar dari bidang dinding yang akan dipasang wallpaper. Sesuaikan lebar bidangnya dengan lebar wallpaper. Anda juga harus melebihkan kurang lebih 1-1,5 cm di bagian sambungan.

Potong wallpaper menjadi panel-panel dan sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melihat petunjuk pemasangannya di kertas keterangannya. Lalu anda tandai posisi dari wallpaper dengan pensil. Gunakan pula alat bantu seperti benang serta pemberatnya supaya lebih lurus dan rapi pemasangannya. Setelah anda tandai, lalu anda sapukan lem dengan menggunakan roller di permukaan bidangnya yang akan dilapisi wallpaper. Lakukan secara perlahan.

Kemudian tempel secara hati-hati. Anda juga perhatikan marking yang dibuat sebelumnya. Di bagian sambungan, gunakanlah lem yang lebih kental dan sapukan menggunakan kuas untuk bagian ini. Selanjutnya, anda bisa meratakannya dengan menggunakan penggaris aklirik. Potong sisa wallpaper menggunakan cutter, lalu gunakan spons untuk menyerap kelebihan lemnya. Terakhir anda perhatikan sekali lagi untuk memastikan wallpaper yang anda pasang benar-benar rapi, terutama di bagian sambungannya serta sudut.

Previous Post
Tips Memilih Warna Parket Sesuai dengan Warna Cat
Next Post
Cara Agar Cat Rumah Tetap Awet

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu