Artikel

Lebih Awet Mana Kayu Solid atau Engineered?

No Comments

Memilih lantai kayu sebagai bagian dari interior rumah serta bangunan lainnya merupakan pilihan menarik. Banyak corak dan warna yang bisa membuat ruangan di rumah anda nampak mewah dan elegan. Namun, sebenarnya bukan hanya warna yang menjadi dasar pemilihan dari lantai kayu. Karena material dari lantai kayu ini sangat penting untuk diperhatikan. Ada banyak jenis lantai kayu yang berdasarkan dari material pembentuknya. Jenis itu di antaranya lantai kayu solid, lantai kayu engineered, dan lantai kayu laminasi. Ketiga jenis itu masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Nah, sekarang manakah yang lebih awet antara kayu solid dengan engineered? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut dengan saksama.

Jenis pertama yakni lantai kayu solid. Lantai kayu solid merupakan lantai kayu yang terbuat dari kayu utuh. Harganya lebih mahal. Meski demikian, penggunaannya memiliki nilai prestis tersendiri. Kayu solid sebagai lantai tidak begitu cocok bila dipakai untuk interior wilayah tropis karena tingkat kelembapannya tinggi sehingga membuat lantai kayu solid menjadi lebih mengembang dan kemudian menyusut karena suhu udara yang ada. Kayu solid yang menjadi bahan lantai kayu ini diproduksi memiliki ketebalan 10 mm hingga 18 mm. Pemasangannya bisa di-finishing ulang setelah sekian lama dipakai. Namun sayangnya, kayu solid tidak bisa dipasang tepat di bawah tanah dan juga tidak bisa dipasang di atas beton.

Baca: Cara Pasang Parket Lantai Kayu

Kedua yakni lantai kayu engineered yang 100 persen dibuat dari kayu asli. Bukan kayu serat yang dipakai untuk membuat berbagai produk furniture. Jenis kayu ini telah melakukan pengolahan yang menggunakan teknologi multi layer. Biasanya ada 3-4 layer yang masing-masing memiliki ketebalan pada umumnya 15 mm. Kelebihan dari kayu engineered ini lebih tahan dari penyusutan dan pembengkokan yang disebabkan suhu. Lantai kayu engineered ini bisa digunakan langsung di bawah tanah serta bisa menempel langsung di beton asal permukaannya tidak bergelombang.

Dari penjelasan di atas nampak bahwa kayu engineered lebih tahan lama atau awet dipakai dibandingkan kayu solid. Karena kayu engineered ini sifatnya lebih fleksibel.

Previous Post
Memilih Cat Rumah Agar Terlihat Modern
Next Post
Cara Agar Kaca Jendela Bebas Jamur

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu